top of page
  • Writer's pictureshevilla

Kuliner Masakan Aceh Yang Enak

Updated: Aug 9, 2019


Makanan ciri khas Aceh memang bermacam. Aceh adalah satu diantara daerah yang berad di ujung barat Indonesia serta beberapa waktu yang lalu terserang musibah Tsunami yang habiskan semua wilayahnya. Namun musibah yang menempa tidak membuat masyarakat jadi putus harapan, hingga mereka masih bangun serta mengawali hidup baru. Aceh populer dengan panggilan serambi Mekah, diluar itu Aceh menaruh bermacam pesona alam yang siap menganakemaskan mata beberapa pengunjung. Kehadiran pantai dan gugusan Pulau Weh memang membuat daerah ini makin menarik untuk didatangi. Tidak cuma mendatangkan keindahan alam yang indah tetapi aceh menaruh bermacam makanan ciri khas Aceh yang populer kelezatannya. Dari namanya bisa didapati bila makanan ini datang dari Aceh. Memang benar, mie Aceh ini adalah type makanan yang datang dari Aceh serta populer hampir di semua kota-kota yang berada di Indonesia.


Meuseukat

Satu type makanan ciri khas aceh yang populer bukan sekedar dalam tempat aslinya, tetapi di kota-kota besar di Indonesia ini bisa diberikan dengan dua type masakan, yakni dengan digoreng atau diberikan berkuah. Kamu dapat juga pesan mie aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie aceh diberikan dengan penambahan lauk dari mulai semacam seafood atau daging. Tidak cuma dapat diberikan dengan digoreng atau berkuah saja, tetapi kamu dapat juga pesan mie aceh dalam beberapa rasa salah satunya pedas atau gurih sesuai hasrat kamu semasing. Mie aceh ditambah lagi beberapa lauk seperti seafood dan penambahan daging. Kuah Pliek U ini adalah makanan ciri khas Aceh yang datang dari Aceh Barat.



Kuah Pliek U termasuk juga pada makanan yang cukup populer. Bahkan juga sampai ada yang menjelaskan bila bertandang ke Aceh belum mencicip makanan satu ini dapat disebutkan seperti belum bertandang ke Aceh mengingat terkenalnya dan dapat diketemukan di beberapa rumah makan yang berada di Aceh. Kuah Pliek U ini dimisalkan seperti satu simbol kekerabatan dan keberagaman warga yang berada di Aceh yang selanjutnya dikumpulkan dalam satu kuali hingga akan membuahkan cita rasa lezat yang unik. Pada satu sajian kuah pliek U akan diketemukan bermacam type sayuran yang berada di Aceh.


Boh Rom Rom Aceh

Type makanan asli Aceh selanjutnya yakni Gulai Kambing. Gulai kambing ini adalah makanan dari Aceh yang sering diberikan dan dikonsumsi dalam kondisi panas. Kelebihan dari Gulai Kambing ini terdapat pada daging yang dipakai yakni benar-benar empuk serta tidak bau. Diluar itu pun tidak lupa ditambah lagi beberapa perasan air jeruk nipis hingga akan fresh saat dikonsumsi. Makanan dari Aceh ini berupa kue. Timphan adalah kue yang telah populer semenjak dulu. Kue dengan rasa manis ini benar-benar sangat cocok dipakai jadi oleh-oleh saat bertandang ke Aceh. Bertandang ke Aceh benar-benar kurang komplet pada saat tidak mencicip Timphan dan bawa pulang untuk keluarga di rumah. Untuk rasa-rasanya, kue ciri khas Aceh ini mempunyai rasa legit dan dibikin dengan memakai bahan penting berbentuk olahan tepung ketan yang telah berisi nangka, buah pisang raja, selai, ubi sampai labu. Isian itu selanjutnya dibalut dengan memakai tepung dan dibungkus dalam kulit daun pisang. Yang membuat menarik timphan ini dapat bertahan sampai 3 hari dengan aroma wangi.


Keumamah Ikan Aceh

Sama seperti dengan Tumpiah, dendeng Aceh ditujukan jadi oleh-oleh ciri khas Aceh. Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi yang telah iris tipis selanjutnya dikeringkan dan digabung dengan bermacam bumbu serta rempah pilihan untuk bikin cita rasa dan aroma makin menarik. Dendeng Aceh terbagi dalam beberapa rasa salah satunya gurih dan manis. Dendeng Aceh ini benar-benar nikmat pada saat diberikan dengan nasi. Kamu dapat memperoleh dendeng Aceh di sejumlah toko yang menyebar di daerah Aceh. Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah adalah kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang awalnya di rebus dan dikeringkan serta iris untuk jadikan jadi menu masakan lezat. Keumamah dapat juga anda bawa serta pulang saat telah dikeringkan bahkan juga dapat bertahan dalam periode waktu beberapa minggu dan akan lezat saat diproses. Untuk meningkatkan cita ras, keumamah ini dibuat dengan sajian pelengkap yang ditambah lagi dengan beberapa bumbu dan rempah alternatif lain seperti santan kelapa, kentang serta cabai hijau. Langkah ini dibikin untuk meningkatkan kelezatan enkot supaya makin prima, bila anda tertarik karena itu dapat temukan di beberapa rumah makan di Aceh.

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page